Wardrobe Philosophy


Hello Readers! 

    Seperti yang telah kita ketahui kebutuhan primer manusia terdiri dari sandang,pangan, dan papan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kebutuhan sandang yang diperlukan oleh manusia. Kebutuhan sandang manusia terus mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Tentunya, perkembangan tersebut menuju ke arah yang lebih baik.  Fungsi utama dari pakaian(sandang) yang kita gunakan yaitu untuk melindungi tubuh kita dari unsur-unsur yang merusak.Seperti hujan,salju,panas,dan lain-lain. Selain itu, pakaian juga berfungsi untuk melindungi kita dari ancaman kejahatan di lingkungan kita.

    Readers! Pakaian atau busana yang kita pakai merupakan suatu cerminan diri kita loh!. Oleh karena itu, kita harus bisa memilih mana pakaian yang cocok yang akan kita gunakan. Untuk itu kita perlu mengetahui apa yang di maksud oleh “wardrobe philosophy”.  Di simak penjelasan berikut ya readers!

 

APA ITU WARDROBE PHILOSOPHY?

    Wardrobe sebenarnya merupakan lemari dinding yang berfungsi untuk menyimpan pakaian. Namun seiring perkembangan zaman, pengertian  wardrobe mengalami pergeseran. Wardrobe memiliki pengertian menjadi pakaian atau busana.

    Wardrobe philosophy adalah suatu proses  belajar cara  menempatkan pakaian sesuai dengan konteks tempat atau  acara (formal-informal).

    Dengan kita mengetahui apa yang dimaksud dengan wardrobe philosophy, tentunya kita bisa memilih, menentukan dan menyesuaikan pakaian yang akan kita kenakan dengan keadaan di sekitar kita. Kita bisa belajar mulai dari mix and match pakaian, menentukan gaya kita sendiri,dan memilih pakaian yang nyaman untuk kita. Selain itu kita juga dapat menentukan pakaian mana yang sekiranya pantas dan enak dipandang oleh orang-orang sekitar kita.   Dengan itu, kita dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

 

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih wardrobe yang akan kita kenakan yaitu :

    •  Sejarah    : Sejarah pribadi dan peristiwa hidup
    •  Filsafat     : Agama, spiritualitas, atau filsafat umum
    • Budaya     : Latar belakang budaya dan nilai-nilai estetika.
    • Komunitas: Teman dan orang-orang di sekitar .
    • Aktivitas   : Minat, aktivitas, dan hobi.
    • Lokasi      : Tempat tinggal.
    • Tubuh      : Bagaimana perasaan Anda tentang tubuh Anda.

Nah, Readers udah tau kan apa yang harus kita lakukan saat berpakaian? Untuk itu, berikut adalah beberapa contoh konteks dalam memilih wardrobe :

1. 

        1. Di Lingkungan Perkuliahan

  

Deskripsi Pakaian Wanita :

        Pakaian wanita diatas cocok banget loh digunakan saat kita berada di lingkungan kampus yang bersituasi semi formal. Setelan pakaian berwarna ceria menambah kesan semangat dalam menjalani hari. Dengan mengenakan atasan crewneck berwarna pink dan  bawahan rok hitam  terlihat sebagai wanita yang anggun dan sopan. Tak lupa untuk memadukan warna hijab dengan pakaian yang dikenakan. Sebagai seorang mahasiswa, tentunya kita pergi kekampus membawa beberapa barang untuk kebutuhan belajar. Oleh karena itu, disarankan membawa tas seperti gambar diatas yaitu totebag agar terlihat lebih praktis dan simpel. Untuk yang terakhir, usahakan menggunakan alas kaki yang tertutup. Seperti sneakers.

Deskripsi Pakaian Pria :

        Setelan pakaian pria diatas dapat digunakan untuk disituasi semi formal seperti pada lingkungan kampus. Dengan setelan kemeja kotak-kotak dan kaus putih serta bawahan celana hitam memberikan kesan santai tetapi tetap sopan. Dengan menggunakan tas ransel bagi pria lebih cocok dibandingkan menggunakan tas selempang atau totebag. Tak lupa untuk menggunakan alas kaki yang tertutup yaitu sepatu. Dengan setelan seperti itu membuat penampilan lebih menarik dan fashionable.

2    Di Lingkungan Kantor                             

Deskripsi Pakaian wanita : 

        Pakaian wanita diatas sangatlah cocok digunakan untuk pergi bekerja di kantor yang bersituasi formal. Setelan blazer senada dengan warna sepatu yang dikenakan membuat penampilan menjadi elegan. Pakaian tersebut sangat cocok untuk dikenakan untuk acara-acara formal dikantor. Seperti meeting,seminar,workshop,dll.

Deskripsi Pakaian pria :

        Kemeja putih dan celana bahan hitam cocok digunakan untuk bekerja sehari-hari dikantor. Dengan atribut yang digunakan yaitu dasi, ikat pinggang, dan pantofel berwarna hitam  menambah kesan disituasi formal.

 

 3. Di Lingkungan Keluarga


 

Deskripsi Pakaian Pria dan Wanita :

        Pakaian diatas pas banget digunakan untuk situasi bersama keluarga loh readers!. Dengan pakaian kaus dan celana yang simpel dan juga nyaman dapat kita kenakan dirumah. Baju ini bisa kalian gunakan ketika kalian sedang menghabiskan waktu bersama keluarga dirumah. Seperti pada hari libur dan lain-lain. 


 4. Di Lingkungan Masyarakat 

 

Deskripsi Pakaian wanita :

        Readers! Pakaian wanita diatas cocok loh kamu gunakan di lingkungan masyarakat. Setelan berwarna soft dengan outer dan celana kulot pas banget buat kamu. Terlebih lagi ketika kamu ingin hang out sama teman. Walaupun terlihat sedikit santai, style ini masih terlihat sopan dan fashionable loh!.

Deskripsi Pakaian pria :

        Nah, Style ini cocok banget nih buat cowok-cowok. Style ini sangat simpel, hanya menggunakan kaos dan celana panjang saja. Walau begitu style ini cocok buat di kehidupan masyarakat sehari-hari. 

 

Nah, readers semua udah tau kan apa itu wardrobe philosophy ? bagaimana memilih wardrobe dalam berbagai konteks situasi?. Sekian dari blog kali ini,semoga bermanfaat! See you!. :)



 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TED Talks : Secret to Great Public Speaking by Chris Anderson

Apa itu Public Speaking ? Pentingkah Public Speaking itu? Apa Manfaatnya Pada Kehidupan Sehari-hari ?